Apakah Pelunasan KTA Dipercepat Menguntungkan ? Mari Kita Membahasnya

Pelunasan KTA Dipercepat - Jika seluruh proses pengajuan KTA sudah selesai dilakukan maka Nasabah tentu diwajibkan untuk membayar angsuran KTA setiap bulan sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Pembayaran angsuran KTA tersebut akan terus dilakukan sampai dengan berakhirnya tenor atau jangka waktu yang telah disepakati.

Lalu, bagaimana jika kita ingin melunasi KTA sebelum jangka waktunya berakhir ?

Tentu hal tersebut bisa dilakukan hanya saja memang ada beberapa hal penting didalamnya yang harus diketahui termasuk cara menghitungnya.

Jika memang memiliki niat untuk melunasi KTA tentu kita harus mengetahui apakah pelunasan KTA sebelum berakhirnya jangka waktu tersebut akan menguntungkan atau justru akan merugikan.

Jika keuntungan atau kerugian tersebut dilihat dari sudut pandang jumlah yang dibayarkan maka kita harus mengetahui bagaimana cara menghitung pelunasan KTA dipercepat.


Apakah Pelunasan KTA dipercepat menguntungkan


Karena jumlah tersebut bisa kita bandingkan dengan jumlah yang harus dibayarkan pada kondisi normal mengikuti berakhirnya jangka waktu KTA.

Untuk itu dalam artikel ini kita akan membuat simulasi perhitungan KTA dipercepat dan membandingkannya dengan pelunasan sesuai dengan jangka waktu berakhirnya KTA.


Simulasi Pelunasan KTA Dipercepat


Simulasi dan perhitungan pelunasan KTA dipercepat ini sebenarnya sudah kita bahas secara rinci pada artikel sebelumnya.


Baca Juga : Simulasi dan Perhitungan Pelunasan KTA Dipercepat Lengkap Dengan Tambahan Penalti


Pada pembahasan tersebut kita menghitung pelunasan KTA dipercepat dengan menggunakan dua cara dan pada artikel ini kita akan gunakan salah satu cara diantaranya.


1. Data Kredit Untuk Simulasi Perhitungan


Data Kredit yang akan kita gunakan untuk menghitung simulasi pelunasan dipercepat adalah sebagai berikut :

  • Jumlah Pinjaman : 100.000.000
  • Suku Bunga per Bulan : 2%
  • Jangka Waktu : 12 Bulan
  • Penalti Pelunasan Dipercepat : 5%

Dari data kredit tersebut misalnya pada angsuran yang ke-8 Nasabah akan melunasi seluruh jumlah KTA.

Ini artinya Nasabah sudah melakukan 7 kali pembayaran mulai dari awal jangka waktu KTA diberikan. 


2. Hitung Angsuran KTA


Berdasarkan data kredit yang sudah diurutkan diatas mari kita hitung angsuran KTA berikut ini :


Angsuran Pokok KTA = 100.000.000 / 12

Angsuran Pokok KTA = 8.333.333


Angsuran Bunga KTA = (100.000.000 x (2% x 12 ))/12

Angsuran Bunga KTA = (100.000.000 x 24%)/12

Angsuran Bunga KTA = 24.000.000 / 12

Angsuran Bunga KTA = 2.000.000


Angsuran KTA per Bulan = 8.333.333 + 2.000.000

Angsuran KTA per Bulan = 10.333.333


Angka angsuran KTA diatas akan digunakan sebagai dasar pada perhitungan pelunasan KTA dipercepat.

  

3. Hitung Sisa Pokok dan Bunga


Selanjutnya mari kita hitung sisa angsuran pokok serta sisa angsuran bunga dengan menggunakan angsuran per bulan.


Sisa Angsuran KTA = 5 x 10.333.333

Sisa Angsuran KTA = 51.666.665


Sisa angsuran diatas merupakan jumlah antara sisa pokok KTA dengan sisa bunga KTA sesuai dengan sisa periode atau jangka waktu KTA.


4. Hitung Penalti Pelunasan KTA


Selanjutnya mari kita hitung jumlah denda atau penalti pelunasan KTA dipercepat sesuai dengan persentase penalti yang disebutkan diatas.


Penalti Pelunasan KTA = (5 x 8.333.333) x 5%

Penalti Pelunasan KTA = 41.666.665 x 5%

Penalti Pelunasan KTA = 2.083.333


Tambahan untuk Penalti pelunasan KTA dipercepat sesuai dengan perhitungan diatas adalah sebesar 2.083.333

Selain penalti biasanya ada tambahan biaya lain yaitu biaya administrasi pelunasan KTA dan untuk simulasi anggap saja biaya administrasi yang dibebankan adalah sebesar 100.000


5. Hitung Jumlah Pelunasan KTA


Berdasarkan perhitungan diatas maka pada angsuran yang ke-8 jumlah yang harus dibayarkan untuk pelunasan KTA adalah sebagai berikut :


Pelunasan KTA = 51.666.665+2.083.333+100.000

Pelunasan KTA = 53.849.998


Berdasarkan perhitungan tersebut maka jumlah yang harus dibayarkan oleh Nasabah untuk pelunasan KTA adalah sebesar 53.849.998


Baca Juga : Cara Hitung dan Simulasi Angsuran KTA per Bulan Metode Bunga Flat


Inti dari perhitungan diatas adalah sisa angsuran KTA yang ditambahkan dengan penalti serta biaya administrasi pelunasan KTA.


Simulasi Pelunasan KTA Sesuai Jangka Waktu


Selanjutnya untuk yang kedua mari kita hitung jumlah keseluruhan angsuran KTA jika KTA tersebut dibayarkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Maka jumlah sisa angsuran KTA yang masih tersisa untuk dibayarkan adalah sebagai berikut :


Sisa Angsuran KTA = 5 x 10.333.333

Sisa Angsuran KTA = 51.666.665


Jumlah sisa angsuran KTA sebesar 51.666.665 tersebut tentu tidak perlu dibayarkan sekaligus tetapi akan dibayarkan setiap bulan sesuai dengan tanggal jatuh temponya.


Apakah Pelunasan KTA Dipercepat Menguntungkan ?


Jika membahas apakah pelunasan KTA dipercepat ini akan menguntungkan atau justru akan merugikan tentu kita harus melihatnya dari beberapa sudut pandang.

Sudut pandang tersebut akan kita bahas dari beberapa posisi sehingga kita bisa menilai pelunasan KTA dipercepat ini menjadi lebih sesuai dengan kondisi yang mungkin sedang dihadapi.  


1. Untung Rugi Pelunasan KTA Dari Sisi Jumlah Pembayaran


Jika dilihat dari sudut pandang jumlah pembayaran seperti yang sudah diurutkan diatas bahwa jumlah atau total keseluruhan dana yang akan dibayarkan oleh Nasabah adalah sebagai berikut :


Pelunasan KTA Dipercepat = 53.849.998 + 72.333.331

Pelunasan KTA Dipercepat = 126.183.329


Sedangkan jika KTA tersebut dibayar melalui angsuran per bulan sesuai dengan tanggal jatuh tempo maka jumlahnya adalah sebagai berikut :


Pembayaran KTA = 12 x 10.333.333

Pembayaran KTA = 123.999.996


Perbedaan dari kedua pembayaran diatas adalah sebesar 2.183.333 merupakan biaya penalti serta biaya administrasi pelunasan KTA.

Seperti yang terlihat bahwa memang pelunasan KTA jumlahnya sedikit lebih besar karena ada tambahan biaya penalti serta biaya administrasi seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Jadi, jika memang tidak ada urgensi atau alasan yang cukup penting rasanya membayar angsuran setiap bulan jumlahnya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pelunasan KTA.

     

2. Untung Rugi Pelunasan KTA Dari Sisi Pengaturan Cash flow


Selanjutnya yang kedua jika pelunasan KTA dipercepat ini dilihat dari sudut pandang pengaturan cash flow rasanya memang lebih baik membayar angsuran setiap bulan merupakan pilihan baik.

Apalagi jika kita bisa mengatur dana tersebut untuk diinvestasikan kepada hal baru yang lebih menguntungkan maka dana pelunasan KTA dipercepat tersebut akan menghasilkan tambahan pendapatan.


3. Untung Rugi Pelunasan KTA Dari Sisi Kondisi Keuangan


Selanjutnya yang ketiga kita akan melihat kondisi yang terakhir yaitu dari sudut pandang keuangan serta ketersediaan dana.

Jika memang ada dana yang tidak akan digunakan untuk kepentingan lain rasanya memang lebih baik melunasi KTA sesuai dengan sisa jangka waktunya.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika kita melunasi KTA sebelum berakhirnya jangka waktu KTA : 

  • Menghindari munculnya denda keterlambatan
  • Menghindari munculnya histori kredit yang kurang baik
  • Kondisi keuangan dimasa yang akan datang kadang tidak sesuai dengan prediksi 
  • Mengurangi beban dan memaksimalkan cash flow
  • Menghindari munculnya riba

Dari tiga pilihan diatas silahkan sesuaikan apakah kita akan membayar KTA sebelum tanggal jatuh tempo atau memang akan melunasi KTA sebelum jangka waktunya berakhir.


Baca Juga : KTA Bisa Bayar Awal : Pengertian, Syarat dan Simulasi Angsuran


Khusus untuk denda penalti jika memang baru akan mengajukan KTA dan ada rencana atau kemungkinan untuk membayar lunas KTA sebelum berakhirnya masa kredit maka silahkan pilih jenis KTA Bisa Bayar Awal.

Karena pada jenis KTA ini tidak akan dibebankan penalti jika Nasabah melunasi KTA sebelum berakhirnya masa atau jangka waktu kredit.

  

Penutup


Dari seluruh penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa jika memang tidak ada kepentingan tertentu dalam urusan KTA tersebut rasanya akan lebih baik jika kita membayar angsuran KTA tersebut setiap bulan saja sesuai dengan tanggal jatuh temponya.

Kecuali jika ada alasan penting untuk melunasi KTA sebelum berakhirnya jangka waktu atau mungkin memiliki dana cadangan yang jumlahnya memang cukup untuk melunasi KTA maka silahkan ambil opsi pelunasan KTA dipercepat.

Hanya saja memang dari sudut pandang jumlah maka pelunasan KTA dipercepat totalnya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan angsuran per bulan.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang pelunasan KTA dipercepat dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.   

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News