Biaya dan Syarat Pengajuan KTA Serta Tips Supaya Mudah Disetujui Bank

Biaya dan Syarat Pengajuan KTA - Salah satu jenis pinjaman Bank yang cukup banyak diminati adalah Kredit Tanpa Agunan.

Kredit Tanpa Agunan atau disebut juga KTA adalah jenis pinjaman yang ditawarkan oleh pihak Bank dan tidak mewajibkan tambahan agunan atau jaminan.

Agunan atau jaminan memang merupakan salah satu hal yang cukup menyulitkan Nasabah untuk mengajukan Kredit ke Bank.

Untuk itulah tujuan dari KTA atau Kredit Tanpa Agunan ditawarkan oleh Bank yang merupakan solusi bagi Nasabah jika memang tidak memiliki asset untuk dijadikan jaminan Kredit.

Meskipun memang KTA ini sifatnya tidak mewajibkan Nasabah untuk memberikan Agunan tapi tetap saja KTA ini memiliki syarat yang cukup banyak.


Syarat dan Biaya Pengajuan KTA


Untuk itu bagian yang pertama mari kita bahas apa saja syarat dari Kredit Tanpa Agunan sebelum mengajukan ke Bank.

 

Syarat Pengajuan KTA


Pada dasarnya syarat pengajuan KTA ini tidak terlalu jauh berbeda dengan syarat kredit pada umumnya.


Baca Juga : Kredit Tanpa Agunan : Jenis, Syarat, Pengajuan dan Simulasi KTA


Pada artikel ini kita akan bahas beberapa syarat KTA yang terkait dengan data diri yang cukup penting untuk disiapkan.


1. Siapkan KTP dan NPWP


KTP ini merupakan data yang paling penting pada proses pengajuan Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Karena dengan KTP ini pihak Bank akan mengetahui dimana posisi domisili berdasarkan alamat yang tertera pada KTP tersebut.

Selanjutnya dengan KTP ini juga pihak Bank bisa melakukan pengecekan histori kredit yang dimiliki oleh Nasabah tersebut sebagai syarat utama untuk melanjutkan proses pengajuan KTA.

Proses pengecekan histori kredit ini sering disebut dengan BI Checking dan jika lolos pengecekan ini maka proses pengajuan kredit akan dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Sebaliknya jika hasil pengecekan BI Checking ini dinyatakan tidak lolos maka secara otomatis proses pengajuan KTA tidak bisa dilanjutkan atau dengan kata lain akan ditolak oleh Bank.

Selanjutnya NPWP ini digunakan untuk melakukan validasi pada KTP yang juga kita serahkan.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk membuat NPWP tentu akan membutuhkan KTP yang memang milik pemohon KTA.

Selain itu untuk NPWP ini akan digunakan jika ada hal atau kegiatan yang terkait dengan perpajakan.


2. Memiliki Penghasilan Bulanan


Syarat selanjutnya yang cukup penting dan terkait langsung dengan pemohon KTA adalah memiliki penghasilan bulanan.

Penghasilan yang dimaksud tidak terbatas hanya pada Gaji saja karena untuk yang berstatus Pengusaha atau Profesional juga tetap harus memiliki penghasilan.

Ada dua tujuan penting terkait dengan penghasilan pada proses pengajuan Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Pertama penghasilan ini memang merupakan salah satu syarat yang diwajibkan pada proses pengajuan KTA.

Selanjutnya yang kedua adalah penghasilan ini akan digunakan untuk membayar angsuran KTA per bulan setelah proses pencairan dilakukan.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa KTA ini akan mewajibkan nasabah untuk membayar angsuran setiap bulan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati bersama.

  

3. Memiliki Kartu Kredit


Pada dasarnya hampir semua jenis KTA akan mewajibkan syarat kepemilikan kartu Kredit tersebut.

Tapi jika memang belum memiliki Kartu Kredit maka hanya ada satu jenis KTA yang bisa diajukan.


Baca Juga : KTA Tanpa Kartu Kredit : Definisi, Bunga, Syarat dan Simulasi Angsuran


Adapun KTA yang tidak wajib menyertakan kepemilikan Kartu Kredit adalah KTA Tanpa Kartu Kredit.

Syarat ini biasanya digunakan oleh Bank untuk melihat histori pembayaran Kartu Kredit jika memang telah digunakan untuk transaksi barang atau jasa.

Tentu ini juga akan menentukan apakah pihak Bank akan menyetujui pengajuan KTA atau justru menolaknya.

Sebenarnya selain tiga syarat diatas masih ada syarat - syarat lainnya dan secara detail sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.


Biaya Pengajuan KTA


Hal penting selanjutnya yang wajib untuk diketahui sebelum mengajukan KTA adalah biaya - biaya yang memang akan muncul pada proses pengajuan KTA tersebut.

Berikut ini adalah beberapa biaya pada proses pengajuan KTA :


1. Biaya Administrasi


Biaya pertama yang sudah pasti akan muncul pada proses pengajuan KTA adalah Biaya Administrasi. Biaya ini digunakan oleh pihak bank untuk membiayai beberapa keperluan yang terkait dengan proses administrasi.

Jumlah atau besaran biaya administrasi pada proses pengajuan KTA memang cukup berbeda - beda tapi secara umum biasanya ada pada angka maksimal sebesar 3% dari seluruh dana pinjaman Bank.

Dalam kondisi tertentu ada juga pihak Bank yang menggabungkan beberapa biaya menjadi satu kelompok dan diantaranya adalah biaya administrasi.

Jika minimal atau jumlah pinjaman semakin tinggi maka biasanya jumlah biaya administrasi juga akan semakin tinggi.


2. Biaya Provisi


Biaya yang kedua yang sudah pasti akan muncul pada proses pengajuan KTA adalah biaya Provisi. Memang biaya Provisi dan biaya administrasi ini akan selalu muncul pada proses pengajuan kredit.

Biaya Provisi ini hanya dikenakan sekali saja pada proses pengajuan KTA yaitu diawal proses dan setelah pencairan maka biaya Provisi tidak akan dikenakan lagi.

Silahkan mencari informasi terkait dengan biaya Provisi ini karena kadang ada Bank yang menggratiskan biaya Provisi supaya banyak Nasabah tertarik untuk mengajukan KTA.


3. Biaya Transfer Dana


Biaya transfer ini memang kadang muncul kadang juga tidak karena hanya akan dikenakan jika pemohon KTA tidak memiliki rekening pada Bank yang sama.

Karena biasanya untuk beberapa KTA pihak Bank meminta Pemohon untuk membuka rekening langsung pada Bank yang bersangkutan.

Sehingga biaya transfer pencairan dana KTA tidak akan dikenakan pada Nasabah karena memang tidak akan ada.


4. Biaya Pelunasan Lebih Awal


Biaya ini juga mirip dengan biaya Transfer karena biaya pelunasan lebih awal hanya akan dikenakan jika Nasabah melunasi pinjaman KTA sebelum akhir jangka waktu kredit.

Biaya ini sering juga disebut dengan penalty dan jika tidak ingin muncul biaya ini dan ada rencana untuk membayar lunas KTA lebih awal silahkan ajukan jenis KTA Biasa Bayar Awal.


Baca Juga : KTA Bisa Bayar Awal : Pengertian, Syarat dan Simulasi Angsuran


Karena jenis KTA ini Nasabah dibebaskan dari penalty jika akan membayar atau melunasi pinjaman KTA sebelum berakhirnya tenor atau jangka waktu kredit.


5. Biaya Denda Keterlambatan Angsuran


Biaya ini juga sama dengan dua biaya sebelumnya karena hanya akan muncul pada kondisi tertentu saja.

Karena biaya ini juga hanya akan muncul jika Nasabah melakukan keterlambatan pembayaran angsuran KTA melewati tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.


Tips Supaya KTA Mudah Disetujui Bank


Sebenarnya untuk masalah persetujuan pada pengajuan KTA itu menjadi hak pihak Bank secara penuh. Tidak ada ruang yang bisa digunakan oleh Pemohon untuk mempengaruhi keputusan pada pengajuan KTA.

Hanya saja kita bisa menyiapkan beberapa hal supaya proses pengajuan KTA yang dilakukan memiliki peluang yang cukup besar untuk disetujui oleh pihak Bank.

Beberapa hal yang bisa dilakukan supaya pengajuan KTA memiliki peluang disetujui lebih besar tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pilih jenis KTA yang sesuai dengan kebutuhan
  2. Pastikan melunasi angsuran terlebih dahulu jika memang ada pinjaman yang belum diselesaikan
  3. Siapkan syarat baik data nasabah atau dokumen sesuai dengan fakta yang ada
  4. Jawaban saat verifikasi data harus sesuai dengan data yang diberikan ke Bank
  5. Sesuaikan jumlah cicilan per bulan dengan penghasilan
  6. Pastikan lolos BI Checking
  7. Memiliki Kartu Kredit

Khusus untuk syarat yang ketujuh memang ada satu dari beberapa jenis KTA yang tidak perlu menyertakan kepemilikan Kartu Kredit pada syaratnya.


Baca Juga : Lakukan Langkah Ini Supaya KTA Mudah Disetujui Oleh Pihak Bank


Tetapi alangkah lebih baiknya jika kita tetap memiliki Kartu Kredit supaya pihak bank lebih mudah melakukan pengecekan histori yang dimiliki oleh Pemohon pada pengajuan KTA. 


Penutup


Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada prinsipnya khusus untuk syarat pengajuan KTA ini tidak terlalu jauh berbeda dengan syarat kredit pengajuan Bank pada umumnya.

Bahkan untuk biaya juga tetap ada beberapa unsur biaya pada pengajuan KTA yang memang namanya sama persis dengan pengajuan kredit lainnya.

Hanya saja mungkin dari sisi persentase atau jumlah biaya bisa saja berbeda - beda karena jumlah tersebut akan ditetapkan langsung oleh pihak Bank.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang biaya, syarat serta tips pengajuan KTA dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News