Ketahui Untung Rugi dan Jenis KTA Sebelum Mengajukan Ke Bank Pilihan Anda

Untuk Rugi dan Jenis KTA - Memahami jenis serta untung rugi KTA penting rasanya bagi Kita sebelum mengajukan ke Bank.

Karena KTA memang dibagi kedalam beberapa jenis da tentu kesesuaian jenis KTA yang dipilih dengan kebutuhan pendanaan akan membuat prosesnya menjadi sedikit lebih mudah.

Memang pada prinsipnya KTA ini merupakan solusi untuk kebutuhan dana yang cukup mendesak dengan jumlah yang cukup besar.

Tapi mohon dicatat bahwa KTA dengan segala kemudahan pada prosesnya tetap memiliki sisi keuntungan dan kerugian yang penting untuk diketahui.

Tapi sebelum melanjutkan pembahasan penting juga bagi Kita untuk memahami KTA atau Kredit Tanpa Agunan tersebut.

 

Apa Itu KTA ?

 

KTA atau Kredit Tanpa Agunan adalah jenis pinjaman yang ditawarkan oleh Bank kepada Nasabahnya tanpa harus memberikan jaminan atau agunan seperti pada pinjaman Bank lainnya.

 

Jenis - Jenis Kredit Tanpa Agunan

 

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hampir setiap pinjaman dana yang diberikan oleh Bank memang mewajibkan kepada pemohon kredit untuk memberikan agunan atau jaminan.

Jaminan tersebut bisa diambil jika seluruh angsuran atas pinjaman tersebut seluruhnya telah diselesaikan sampai dengan akhir tenor atau jangka waktu.

Konsep ini berbeda dengan KTA atau Kredit Tanpa Agunan karena pada KTA ini Nasabah tidak perlu memberikan jaminan atau agunan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

 

Jenis - Jenis Kredit Tanpa Agunan / KTA

 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa KTA atau Kredit Tanpa Agunan di bagi kedalam beberapa jenis sesuai dengan jenis kebutuhan dari Nasabah.

Sebelum membahas untuk dan rugi mari kita lihat dulu jenis - jenis dari KTA atau Kredit Tanpa Agunan tersebut.

 

1. KTA Payroll

 

KTA Payroll adalah KTA yang secara khusus diberikan kepada Karyawan atau Pegawai dari suatu Instansi atau Perusahaan.

Biasanya Perusahaan tersebut harus sudah bekerja sama dengan pihak Bank terutama pada pembayaran gaji Karyawan yaitu dengan menggunakan Payroll pada Bank tersebut.

Jika tidak ada kerja sama antara Perusahaan dengan Bank penyalur KTA Payroll maka KTA ini tidak bisa diajukan oleh Karyawan.

 

2. KTA Dana Cepat

 

Selanjutnya jenis KTA yang kedua adalah KTA Dana Cepat dari Namanya memang sudah terlihat bahwa KTA ini menawarkan kelebihan berupa kecepatan pada proses pengajuan.

 

Baca Juga : KTA Dana Cepat : Pengertian, Syarat dan Simulasi Angsuran

 

KTA Dana Cepat adalah KTA yang menawarkan proses pengajuan hanya antara 3 hari sampai dengan 1 minggu saja.

Tapi tentu untuk mendapatkan kecepatan pada proses pengajuan tersebut ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pemohon KTA.

 

3. KTA Bisa Bayar Awal

 

Selanjutnya jenis KTA yang ketiga dan akan kita bahas pada artikel ini adalah KTA Bisa Bayar Awal.

KTA Bisa Bayar Awal adalah jenis KTA yang bisa dilunasi diawal tanpa dikenakan denda atau penalty.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada KTA ini jika kita akan membayar lunas seluruh angsuran sebelum berakhirnya jangka waktu kredit maka akan dikenakan denda atau penalty.

Penalty untuk pelunasan KTA awal periode ini tidak berlaku untuk jenis KTA Bisa Bayar Awal.

 

4. KTA Tenor Panjang

 

KTA Tenor Panjang adalah jenis KTA yang menawarkan Tenor atau Jangka Waktu cukup Panjang atau cukup lama.

Biasanya Jangka Waktu atau Tenor yang ditawarkan oleh KTA Tenor Panjang ini bisa mencapai 3 Tahun. 

 

5. KTA Tanpa Kartu Kredit

 

KTA Tanpa Kartu Kredit adalah jenis KTA yang tidak mewajibkan Pemohon KTA untuk memiliki Kartu Kredit pada saat akan mengajukan KTA.

Keempat jenis KTA yang sudah dijelaskan diatas akan mewajibkan Kartu Kredit sebagai salah satu syarat pengajuan KTA.

 

Baca Juga : KTA Tanpa Kartu Kredit : Definisi, Bunga, Syarat dan Simulasi Angsuran

 

Jika memang tidak memiliki Kartu Kredit tetapi ingin mengajukan KTA maka KTA Tanpa Kartu Kredit ini bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan pilih dan sesuaikan jenis KTA yang akan diajukan sesuai dengan jenis serta kebutuhan dana kita saat ini.

 

Keuntungan dan Kerugian KTA

 

Selain itu jangan lupa untuk memilih KTA sesuai dengan kemampuan keuangan yang kita miliki supaya tidak muncul masalah di masa yang akan datang.

 

Untuk Rugi Kredit Tanpa Agunan / KTA

 

Terlepas dari banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dari jenis pinjaman KTA ini tapi tetap ada juga keuntungan serta kerugiannya.

Keuntungan dan Kerugian dari KTA ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan apakah akan mengajukan KTA atau tidak.

 

1. Keuntungan KTA

 

1.1 Proses Pengajuan Mudah dan Cepat

Seperti yang dijelaskan pada jenis KTA diatas bahwa proses pengajuan KTA ini bisa dilakukan dengan cukup cepat serta mudah.

Kemudahan proses pada KTA ini memang merupakan daya Tarik tersendiri untuk Nasabah yang akan mengajukan ke Bank.

Karena memang biasanya secara umum orang akan berpendapat bahwa pengajuan kredit ke Bank prosesnya cukup rumit dan memakan waktu yang lama.

Tentu ini sama sekali tidak berlaku pada pinjaman berbentuk KTA karena proses pengajuan KTA memang cukup cepat dan mudah.

 

1.2 Dapat Digunakan Untuk Berbagai Macam Kebutuhan

KTA ini tidak terbatas hanya dapat digunakan pada Modal Usaha saja tetapi bisa juga digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Misalnya untuk Biaya Pendidikan, Biaya Renovasi Rumah, Biaya pernikahan, Biaya pembangunan rumah dan lain sebagainya.

 

1.3 Tidak Menggunakan Agunan / Jaminan

Dari Namanya sudah jelas bahwa salah satu keunggulan dari KTA adalah pemohon kredit tidak perlu menyertakan jaminan pada saat akan mengajukan KTA.

Hanya saja memang ada beberapa syarat yang harus diserahkan pada saat akan mengajukan KTA termasuk kepemilikan Kartu Kredit kecuali untuk KTA Tanpa Kartu Kredit.

 

1.4 Proses Pencairan Cukup Cepat

Karena proses pengajuan KTA bisa diproses dalam waktu yang cukup cepat maka tentu ini akan membuat proses pencairan juga akan menjadi cepat. Cepatnya proses pencairan ini akan sangat bermanfaat jika kita memang sedang membutuhkan dana darurat.

 

1.5 Tersedia Beberapa Pilihan Tenor

Untuk Jangka Waktu atau Tenor pada KTA ini tersedia beberapa pilihan yang tentu saja dengan jumlah angsuran per bulan yang berbeda – beda.

Pilihan pada jangka waktu ini bisa digunakan untuk mengatur dan menyesuaikan angsuran KTA dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

 

2. Kerugian KTA

 

2.1 Suku Bunga Relatif Tinggi

Karena KTA ini tidak mewajibkan tambahan agunan atau jaminan maka Bank akan memberikan suku bunga yang relatif cukup tinggi.

Ini tujuannya adalah untuk menghindari munculnya kerugian yang dialami oleh pihak Bank jika terjadi kredit macet dari Nasabah.

 

2.2 Tenor / Jangka Waktu Cukup Singkat

Salah satu kekurangan lain dari KTA adalah tenor atau jangka waktu yang diberikan memang cukup singkat.

Tapi jika ingin mengajukan KTA dengan Tenor atau Jangka Waktu yang cukup lama silahkan ajukan KTA Tenor Panjang.

 

2.3 Harus Memiliki Kartu Kredit

Meskipun dibagian atas sudah dijelaskan bahwa ada jenis KTA yang tidak perlu memiliki Kartu Kredit yaitu KTA Tanpa Kartu Kredit tapi tetap saja pada KTA jenis lain harus memiliki Kartu Kredit.

Kartu Kredit ini digunakan sebagai perantara untuk melakukan pengecekan pada histori kredit yang akan diajukan oleh Nasabah.

 

2.4 Plafon Pinjaman Cukup Rendah

Kekurangan dari KTA yang terakhir adalah plafon atau jumlah pinjaman untuk KTA ini memang diberikan tidak terlalu besar.

 

Baca Juga : KTA Tenor Panjang : Pengertian, Bunga, Syarat dan Simulasi Angsuran

 

Mungkin ini terkait dengan tidak diberikannya jaminan atau agunan pada proses pengajuan KTA tersebut.

 

Tujuan dan Manfaat Pengajuan KTA

 

KTA ini memang bisa diajukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan kita sebagai pemohon kredit.

Tujuan dari pengajuan KTA tersebut tentu adalah untuk memenuhi kebutuhan dana yang sifatnya urgent atau penting dan mendesak saja.

Jika memang kebutuhan dana tersebut masih bisa untuk ditunda rasanya kita belum perlu untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan.

Selanjutnya KTA ini memang sangat bermanfaat jika kita sedang membutuhkan dana yang sangat mendesak dengan jumlah yang cukup besar.

Inilah peran dari KTA karena tentu kita bisa memanfaatkan KTA untuk memenuhi kebutuhan tersebut tanpa harus mencari dana kemana – mana jika memang sedang kesulitan.

 

Tips Pengajuan KTA Supaya Mudah Disetujui Bank

 

Jika membahas tentang persetujuan dari pengajuan KTA yang dilakukan tentu saja ini menjadi hak pihak Bank secara sepenuhnya.

Pihak Bank punya hak untuk menyetujui serta punya hak juga untuk menolak pengajuan KTA yang kita lakukan.

Tapi berikut ini adalah 4 tips yang bisa dilakukan supaya proses pengajuan KTA bisa disetujui oleh Bank atau memiliki kesempatan yang lebih besar untuk disetujui.

 

1. Menyiapkan Syarat Dengan Lengkap

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa syarat ini menjadi hal yang sangat penting pada proses pengajuan kredit termasuk KTA.

Jika syarat KTA ini belum bisa kita lengkapi maka proses pengajuan KTA tidak akan bisa dilanjutkan pada tahap proses selanjutnya.

 

2. Lolos BI Checking

 

Jika membahas kredit tentu kita akan berhadapan dengan proses pengecekan histori kredit melalui BI Checking.

Proses ini merupakan proses awal dari seluruh urutan proses yang dilakukan pada pengajuan Kredit Tanpa Agunan.

Jika status kolektibilitas yang kita miliki bagus maka proses penilaian kredit KTA ini akan dilanjutkan pada tahap berikutnya.

Sedangkan jika angka atau status kolektibilitas yang dimiliki kurang bagus maka proses penilaian kredit tidak akan bisa dilanjutkan dengan kata lain pengajuan KTA akan otomatis ditolak.

Lalu, dari mana status kolektibilitas BI Checking ini didapatkan ?

Status BI Checking didapatkan dari proses pembayaran kredit yang telah kita lakukan sebelumnya. Jika kita menyelesaikan seluruh kewajiban dengan baik maka statusnya akan bagus.

Sebaliknya jika kita tidak bisa menyelesaikan kewajiban dengan baik maka maka status BI Checking akan menjadi kurang baik.

 

3. Memiliki Penghasilan Bulanan

 

Ada dua tujuan kenapa kita harus memiliki penghasilan untuk mengajukan KTA sesuai dengan kebutuhan.

Pertama, penghasilan ini merupakan satu dari beberapa syarat untuk mengajukan KTA ke Bank.

Kedua, fungsi dari penghasilan tentu saja adalah untuk membayar angsuran KTA setiap bulan sesuai dengan tanggal jatuh temponya.

 

4. Jumlah Angsuran KTA Tidak Lebih Dari 30% Penghasilan

 

Dalam hal pengajuan kredit terutama terkait dengan penghitungan minimal Gaji atau minimal angsuran biasanya dasar yang digunakan oleh Bank memang berbeda – beda.

Salah satu cara menghitung ini dan rasanya cukup popular dikalangan Bank adalah jumlah angsuran tidak lebih dari 30% penghasilan.

Misalnya kita memiliki penghasilan setiap bulan adalah sebesar 5.000.000 maka perhitungan maksimal angsuran KTA adalah sebagai berikut :

 

Maksimal Angsuran KTA = 5.000.000 x 30%

Maksimal Angsuran KTA = 1.500.000

 

Ini artinya jika kita memiliki penghasilan sebesar 5.000.000 per bulan maka maksimal angsuran KTA yang boleh diajukan adalah sebesar 1.500.000

 

Baca Juga : Mari Menghitung Minimal Gaji Untuk KPR Rumah Subsidi dan Rumah Komersial

 

Tapi ingat, setiap Bank berbeda – beda mengenai hal ini karena ada juga Bank yang menetapkan sebesar 40% dari penghasilan dan ada juga yang lebih dari 40%.

 

Penutup

 

Pada dasarnya hal yang paling penting supaya KTA bisa disetujui oleh pihak Bank adalah lolos Bi Checking.

Karena jika tidak lolos BI Checking maka secara otomatis pengajuan KTA yang dilakukan akan ditolak oleh Bank dan proses penilaian kredit tidak akan dilanjutkan.

Bahkan jika kita mengajukan KTA ke Bank yang berbeda pasti akan ditolak dengan alasan yang sama yaitu BI Checking.

Ini tentu berbeda dengan syarat lainnya, katakan misalnya penghasilan lebih dari 30% untuk hal ini masih bisa kita usahakan.

Salah satu caranya adalah dengan mengajukan KTA ke Bank lain karena untuk syarat selain BI Checking mungkin aka nada penilaian yang berbeda dari Bank yang menolak pengajuan KTA.

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur BI Checking yang kita miliki statusnya sudah kurang baik ?

Untuk hal tersebut kita bahas pada artikel yang lain supaya pembahasan bisa lebih detail dan menyeluruh.

Tapi intinya BI Checking ini adalah histori pembayaran kredit yang sudah kita lakukan sebelumnya. Inilah pentingnya kita membayar angsuran kredit tepat pada waktunya.

Karena jika ada keterlambatan atau bahkan tidak bisa menyelesaikan kewajiban terkait dengan kredit ini maka histori kredit kita di Bank Indonesia akan menjadi kurang baik dan terus memburuk.

Itulah pembahasan kita tentang untung rugi mengajukan KTA ke Bank dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News