Solusi Kredit Rumah Tanpa BI Checking Serta Kelebihan dan Kekurangan

Kredit Rumah Tanpa BI Checking - Salah satu unsur yang sangat penting dalam proses pengajuan KPR Rumah adalah pengecekan BI Checking.

Jika langkah yang pertama ini saja kita sudah tidak lolos maka proses analisa kelayakan kredit selanjutnya tidak akan bisa diproses. Ini memperlihatkan bahwa memang Bi Checking ini merupakan hal yang sangat penting terkait dengan proses pengajuan KPR atau kredit lainnya.

Tapi untuk Anda yang memang mengalami penolakan BI Checking saat mengajukan pembelian rumah melalui KPR jangan khawatir.

Karena masih ada cara lain untuk bisa mendapatkan rumah impian tanpa melalui pengecekan BI Checking.

Sebelum membahas bagaimana cara dan solusi kredit rumah tanpa Bi Checking mari kita bahas sedikit tentang apa itu BI Checking.


Apa Itu BI Checking ?


Menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang dimaksud dengan BI Checking adalah pengecekan riwayat kredit di sistem informasi Debitur Bank Indonesia ( BI ) sesuai dengan permohonan Debitur.


Cara Kredit Rumah Tanpa BI Checking - firstfin.web.id


Jika memang kita berkali - kali mengajukan kredit dan terus ditolak mungkin salah satu penyebabnya adalah kolektabilitas pada BI Checking ini yang buruk statusnya.


Baca Juga : Ingin Mengajukan KPR ? Pahami Syarat, Jenis dan Cara Perhitungannya Terlebih Dahulu 


BI Checking ini dibagi kedalam beberapa skala mulai dari skala 1 sampai dengan skala 5 dan untuk menghindari kesulitan dalam proses pengajuan Kredit jangan sampai skala yang kita miliki ada pada skala 5 atau statusnya sudah Macet.

  

Cara Kredit Rumah Tanpa BI Checking


Sebaiknya memang dihindari munculnya masalah seperti yang disebutkan diatas terkait dengan Bi Checking. Karena biar bagaimanapun ini adalah masalah yang cukup serius apalagi jika kita akan mengajukan kredit khususnya KPR.

tetapi jika memang sudah terlanjur mengalami masalah terkait dengan BI Checking dan kita ingin membeli rumah bukan dengan cara tunai maka ada beberapa opsi yang bisa kita ambil untuk dipertimbangkan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita pilih untuk membeli rumah dengan cara kredit tanpa melakukan Bi Checking.


1. Kredit Langsung Ke Pengembang / Developer


Cara yang pertama untuk dapat membeli rumah dengan cara kredit tetapi tidak menggunakan proses BI Checking adalah kredit langsung ke pengembang atau Developer.

Proses kredit seperti ini memang hanya akan melibatkan dua pihak saja yaitu pihak Pengembang atau Developer Perumahan serta pihak pembeli rumah saja.

Karena proses kredit rumah tidak melalui pihak Bank maka tentu tidak akan ada proses pengecekan Bi Checking.

Apakah ada Pengembang / Developer yang menjual rumah dengan cara ini ?

Tentu saja ada tetapi memang jumlahnya tidak terlalu banyak dan biasanya tenor atau jangka waktu yang diberikan juga tidak terlalu panjang seperti halnya KPR Bank. 


2. Manfaatkan KPR Syariah Non Bank


Selanjutnya cara yang kedua untuk kredit Rumah tanpa Bi Checking adalah dengan memanfaatkan KPR Syariah Non Bank.

Biasanya KPR Syariah Non Bank ini akan diberikan oleh Pengembang atau Developer yang memiliki konsep Syariah.

Seluruh proses pembelian rumah ini akan menggunakan syariat islam dan hanya melibatkan dua pihak saja yaitu Developer dengan pembeli rumah saja.

KPR Syariah ini biasanya mirip dengan kredit langsung ke pihak Developer yaitu Tenor atau jangka waktu yang diberikan memang tidak terlalu panjang.

Bahkan biasanya kredit rumah Syariah Non Bank ini menetapkan uang muka atau DP yang cukup tinggi bisa mencapai 50%.

Tapi keuntungan yang diperoleh oleh Nasabah tentu saja adalah proses kredit rumah tanpa melalui BI Checking.

    

3. Membeli Rumah Dengan Cara Over Kredit


Selanjutnya cara yang ketiga untuk solusi kredit rumah tanpa BI Checking adalah melalui Over Kredit dibawah tangan.

Cara ini mungkin akan menjadi cara yang paling umum dilakukan jika memang ingin membeli rumah tanpa melakukan BI Checking.

Biasanya proses Over Kredit ini hanya akan melibatkan pemliki rumah yang status KPR rumahnya masih berjalan dengan yang akan membeli rumah.

Selanjutnya pembeli rumah akan melanjutkan pembayaran angsuran sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan.

Selain itu pembeli rumah akan menyerahkan sejumlah yang kepada pemilik KPR rumah sesuai dengan kesepakatan bersama.

Mohon dicatat bahwa proses ini memang cukup mudah tapi sangat rawan dengan penipuan sehingga kita harus benar - benar berhati - hati jika akan membeli rumah dengan cara ini.

Bahkan jika perlu lakukan Over Kredit rumah hanya dengan orang yang sudah dikenal saja atau bahkan dengan saudara terdekat kita. 

 

4. Membeli Rumah Dengan Cara Cash Bertahap


Cara selanjutnya untuk kredit rumah dengan cara KPR tanpa BI Checking adalah melalui Cash Bertahap.

Biasanya pihak Developer atau Pengembang selain akan menawarkan cara KPR dan Cash dalam menjual rumah ada juga istilahnya cash bertahap.

Cash bertahap ini biasanya akan memiliki jangka waktu dalam melunasi pembelian rumah bahkan kadang tanpa bunga jika tenornya tidak lebih dari 1 Tahun.

Proses ini memang bisa dilakukan tetapi memiliki dua kelemahan yaitu yang pertama Uang Muka atau pembayaran awal biasanya cukup besar serta tenor atau jangka waktu yang diberikan sangat pendek. 


5. Mencari Dana Talangan Untuk Pembelian Rumah


Jika memang empat cara diatas tidak berhasil untuk mendapatkan rumah yang akan kita beli maka kita bisa mencoba untuk menggunakan cara yang kelima ini.

Cara ini memang tidak mudah untuk dilakukan karena kita harus mencari dana talangan mungkin dari sanak saudara atau teman dekat yang memiliki sejumlah uang yang kita butuhkan.

Selanjutnya kita beli rumah yang kita inginkan dengan cara tunai atau cash menggunakan dana talangan tersebut.

Lakukan negosiasi kepada sipeminjam uang supaya kita bisa membayar uang tersebut dengan cara mengangsur atau kredit dengan jangka waktu tertentu.

Cara ini memang tidak mudah tetapi bisa dicoba untuk dilakukan jika beberapa cara diatas memang tidak berhasil. 


6. Membeli Tanah dan Rumah Secara Bertahap


Jika memang cara yang ke-5 juga belum berhasil membeli rumah impian maka cara yang ke-6 mungkin bisa menjadi opsi selanjutnya.

Cara ini kita akan membeli rumah dengan cara bertahap maksudnya pada saat memiliki dana yang tidak terlalu banyak carilah lahan kosong yang bisa dijadikan rumah dikemudian hari.

Selanjutnya jika sudah ada dana yang cukup barulah kita membangun rumah pada lahan yang telah kita beli tersebut.

Tentu cara ini mungkin akan memakan waktu cukup lama  tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba apalagi jika cara yang dijelaskan diatas sudah dilakukan tetapi tidak berhasil mendapatkan rumah.


Kelebihan dan Kekurangan Kredit Tanpa BI Checking


Pada dasarnya memang lebih baik kita menjaga kolektibilitas kita supaya tidak kesulitan pada saat akan mengajukan KPR Rumah.

Tapi jika memang tertarik untuk mencoba beberapa cara kredit rumah tanpa BI Checking diatas sebaiknya kita mengetahui apa saja kira - kira kelebihan serta kekurangan kredit Rumah Tanpa BI Checking.


1. Kelebihan Kredit Tanpa BI Checking

  • Prosedur atau proses pengajuan kredit Rumah tidak akan rumit seperti halnya KPR
  • Proses pengajuan akan lebih cepat karena hanya melibatkan Developer dan Pembeli Rumah saja
  • Prosedur akan lebih pendek karena prosesnya tidak melibatkan banyak pihak
  • Tidak akan muncul tambahan biaya seperti pada proses pengajuan KPR


2. Kekurangan Kredit Tanpa BI Checking

  • Aspek legalitas yang tidak terlalu aman
  • Jika melakukan KPR via Bank maka pihak Bank akan ikut menjamin keamanan dari sisi legalitas
  • Pada proses KPR melibatkan notaris pada transaksi sehingga secara hukum ini menjadi aman untuk semua pihak yang dilibatkan
  • Tidak mendapatkan jaminan asuransi
  • Cari informasi informasi dan jika bisa melibatkan notaris maka segera lakukan hal ini untuk mengurangi resiko yang mungkin timbul dikemudian hari

Jika dilihat dari kelemahan diatas terlihat bahwa proses ini cukup rawan dari sisi legalitas dan hukum.


Baca Juga : Mari Menghitung Minimal Gaji Untuk KPR Rumah Subsidi dan Rumah Komersial


Untuk itu jika memang memungkinkan maka libatkan proses kredit langsung didepan notaris sehingga ini akan menjamin legalitas aman dan mengurangi resiko buruk dikemudian hari. 


Penutup


Untuk yang saat ini sedang mengalami kredit macet sebaiknya segera selesaikan kredit macet tersebut.

Karena jika kredit macet tersebut bisa diselesaikan maka perlahan - lahan skor kredit kita juga akan terus naik seiring berjalannya waktu.

Tentu ini untuk menghindari munculnya kesulitan pada saat kita akan membeli rumah dengan cara KPR.

Tapi jika sudah terlanjur mengalami masalah maka  silahkan coba salah satu cara diatas semoga dengan salah satu cara diatas kita berhasil mendapatkan rumah sesuai dengan yang diinginkan.

Mohon dicatat bahwa harap berhati - hati melakukan cara diatas dan tentu firstfin.web.id hanya menyajikan solusi secara teori saja. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka itu diluar dari tanggung jawab firstin.web.id.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara kredit rumah tanpa BI Checking dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News