Simulasi, Denda dan Tabel Angsuran Untuk KTA Bisa Bayar Awal

Tabel Angsuran KTA Bisa Bayar Awal - Pada pembahasan sebelumnya sudah disebutkan bahwa KTA ini dibagi kedalam beberapa jenis.

Dari beberapa jenis KTA tersebut salah satu jenis KTA diantaranya adalah KTA Bisa Bayar Awal.

KTA Bisa Bayar Awal ini memang sedikit berbeda dengan jenis KTA yang lain karena pada KTA ini tidak dibebankan Penalti jika Nasabah ingin melunasi pinjaman KTA sebelum berakhirnya jangka waktu.

Sedangkan pada jenis KTA yang lain untuk Pelunasan KTA tersebut akan ditambahkan biaya berupa Penalti dengan persentase yang sudah ditentukan.

Selanjutnya bagian terpenting dari seluruh proses pengajuan KTA adalah mengetahui berapa jumlah angsuran per bulan yang harus dibayarkan.

Karena angsuran ini akan terus dibayarkan setiap bulan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati.


Simulasi KTA Bisa Bayar Awal


Ada beberapa cara untuk mengetahui kira - kira berapa jumlah angsuran KTA sebelum kita mengajukan ke Bank.


Simulasi, Denda dan Tabel Angsuran KTA Bisa Bayar Awal


Untuk mengetahui berapa jumlah cicilan KTA per bulan sebelum mengajukan KTA tersebut ke Bank bisa kita lakukan dengan menggunakan dua cara.


Baca Juga : KTA Bisa Bayar Awal : Pengertian, Syarat dan Simulasi Angsuran


Cara yang pertama adalah membuat simulasi cicilan KTA dengan data yang telah dimiliki seperti jumlah pinjaman, Tenor serta suku bunga.

Sedangkan cara yang kedua kita menggunakan Tabel Angsuran KTA yang memang akan memuat berapa angsuran per bulan serta berapa jangka waktu yang akan kita ambil pada pengajuan KTA.

Kedua cara diatas akan kita bahas pada artikel ini dan tentu kita akan gunakan simulasi dengan menggunakan suku bunga dan jumlah pinjaman yang berbeda - beda.


1. Simulasi Angsuran KTA Bisa Bayar Awal


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada KTA ini metode perhitungan bunga yang ditetapkan biasanya adalah metode bunga flat.

Sehingga jumlah angsuran KTA mulai dari awal sampai dengan akhir periode akan tetap sama atau tidak berubah.

Selanjutnya untuk membuat simulasi angsuran KTA berikut ini adalah data yang akan digunakan :


Pinjaman : 10.000.000

Bunga per Bulan : 1.4%

Jangka Waktu : 12 Bulan


Berdasarkan data tersebut maka perhitungan angsuran per Bulan KTA Bisa Bayar Awal adalah sebagai berikut :


Angsuran Pokok = 10.000.000 / 12

Angsuran Pokok = 833.333


Angsuran Bunga = (10.000.000 x (1.4% x 12) / 12

Angsuran Bunga = (10.000.000 x 16.8%) / 12

Angsuran Bunga = 1.680.000 / 12

Angsuran Bunga = 140.000


Angsuran per Bulan = 833.333 + 140.000

Angsuran per Bulan = 973.333


Berdasarkan simulasi serta perhitungan angsuran KTA diatas maka jumlah angsuran per bulan dari KTA Bisa Bayar Awal adalah sebesar 973.333

Angka 973.333 tersebutlah yang nantinya harus dibayarkan oleh Nasabah setiap bulan sesuai dengan tanggal jatuh tempo KTA.

 

2. Tabel Angsuran KTA Bisa Bayar Awal


Jika memang tidak ingin repot melakukan perhitungan pada angsuran KTA seperti yang dicontohkan diatas maka silahkan gunakan cara yang kedua untuk mengetahui jumlah angsuran KTA per bulan.


Baca Juga : KTA Payroll : Definisi, Syarat, Bunga, Simulasi dan Tabel Angsuran 


Cara yang kedua ini kita akan menggunakan Tabel Angsuran KTA dengan tampilan sebagai berikut :


Tabel Angsuran KTA Bisa Bayar Awal


Seperti yang terlihat pada gambar diatas bahwa pada Tabel Angsuran KTA sudah dilengkapi dengan Jumlah Pinjaman, Tenor serta Jumlah angsuran KTA per Bulan.

Kita hanya tinggal menyesuaikan saja serta memilih kira - kira berapa jumlah pinjaman yang akan diambil serta berapa jangka waktu atau tenor yang akan digunakan.

Dengan memilih Tenor serta Jumlah Pinjaman maka secara otomatis angka dari angsuran KTA per Bulan sudah bisa kita ketahui.


3. Denda Keterlambatan Cicilan KTA


Denda KTA ini rasanya penting juga untuk kita ketahui karena mungkin saja suatu saat kita akan mengalami keterlambatan pembayaran yang akan mengakibatkan munculnya denda.

Jadi, Denda ini sebenarnya hanya akan muncul jika Nasabah terlambat membayar angsuran KTA dan melewati tanggal jatuh tempo.

Jika Nasabah selalu membayar cicilan KTA tepat pada waktunya maka Denda ini tentu tidak akan ditambahkan pada angsuran KTA per bulan.

Untuk menghitung Denda ini caranya sebenarnya sangat gampang karena hanya mengalikan angsuran, tarif dengan hari keterlambatan saja.


Baca Juga : Cara Menghitung Denda Keterlambatan KTA Sesuai Dengan Persen Tarifnya


Misalnya kita akan menghitung Denda KTA dengan jumlah angsuran sebesar 450.000, tarif denda sebesar 2% per hari serta jumlah hari keterlambatan adalah 16 hari maka perhitungan Denda adalah sebagai berikut :


Denda KTA = (450.000 x 2%) x 16

Denda KTA = 9000 x 16

Denda KTA = 144.000


Berdasarkan contoh tersebut maka jumlah Denda KTA yang harus dibayarkan selama 16 hari adalah sebesar 144.000


Penutup


Pada dasarnya yang memiliki informasi akurat terkait dengan KTA ini adalah Bank pemberi Kredit.

Angka serta jumlah dan simulasi yang ditampilkan dibagian atas sifatnya hanya tambahan informasi saja.

Untuk kepastian tentang jumlah angsuran KTA per bulan serta denda dan lain - lain alangkah lebih baiknya ditanyakan langsung kepada Bank pemberi kredit.

Tapi seharusnya jika suku bunga yang digunakan tidak terlalu jauh berbeda maka simulasi diatas tidak akan terlalu jauh berbeda hasilnya dengan jumlah angsuran KTA yang sebenarnya.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang simulasi serta tabel angsuran KTA bisa bayar awal dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News