Kenali 3 Jenis Cara Pembayaran Belanja Online Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Bayar Belanja Online - Jika pernah belanja online tentu untuk pembayaran akan disediakan beberapa opsi atau pilihan.

Dari beberapa pilihan tersebut pasti akan muncul tiga jenis atau cara pembayaran yaitu COD, Virtual Account serta Transfer Bank.

Secara umum memang tiga cara pembayaran tersebut tetap akan menawarkan kemudahan dan kecepatan prosesnya.

Hanya saja tentu masing - masing dari cara pembayaran diatas juga akan memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Rasanya tidak salah juga jika kita mengetahui kira - kira apa saja kekurangan serta kelebihan dari masing - masing cara pembayaran tersebut.

Ini sifatnya hanya opsional saja karena mungkin secara umum kita pasti sudah mengenal cara pembayaran belanja online menggunakan COD, Virtual Account atau Transfer Bank tersebut.

 

Jenis Pembayaran COD

 

Jenis pembayaran yang pertama adalah COD dan jenis pembayaran ini sekarang cukup populer bahkan beberapa toko online sudah menawarkan jenis pembayaran COD. 


Baca Juga : Mencatat Transaksi Pembelian Tunai Pada Jurnal Khusus

 

COD ini memang cukup berbeda dengan dua jenis pembayaran lain karena khusus untuk COD akan langsung melibatkan uang tunai. 


1. Definisi COD

 

COD atau Cash On Delivery adalah metode pembayaran yang akan dilakukan secara tunai jika barang sudah diterima oleh pembeli atau sampai ke tempat tujuan.

 

Cara Bayar COD, Nomor VA dan Transfer

 

Pada metode ini pihak pembeli harus menyediakan sejumlah uang secara tunai karena begitu barang sampai harus langsung dibayarkan.

Konsep serta cara pembayaran ini memang cukup menguntungkan bagi pembeli karena pihak pembeli bisa melakukan pengecekan terhadap barang yang dikirim terlebih dahulu sebelum membayar barang tersebut.

Tentu jika barang tidak sampai ditempat tujuan pihak pembeli tidak perlu membayar barang tersebut dan harus menunggu sampai dengan barang tersebut diterima.

 

2. Kelebihan Pembayaran COD

 

Kelebihan dari jenis pembayaran COD adalah Customer bisa memeriksa barang terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.

Ini akan memberikan keuntungan kepada pembeli karena pihak pembeli bisa mengetahui apakah barang yang dikirim sesuai dengan pesanan atau tidak baik dari sisi jumlah, harga ataupun kualitasnya.

Bahkan dalam kondisi tertentu pihak pembeli diperbolehkan untuk menolak barang yang dikirim jika memang tidak sesuai dengan spesifikasi yang dipesan sebelumnya.

 

3. Kekurangan Pembayaran COD

 

Sedangkan kekurangan dari jenis pembayaran COD adalah pihak pembeli harus selalu ada ditempat karena kadang pengiriman barang susah mengatur kira - kira jam berapa akan sampai di tempat pembeli.

Jika pengiriman barang dengan jenis transaksi ini gagal tentu barang akan dikirim ulang sehingga dari sisi cost ini akan merugikan pihak penjual.

Karena pembeli dan penjual harus bertemu langsung maka area untuk jenis pembayaran COD biasanya akan cukup terbatas.

Jika jarak antara pembeli dengan penjual cukup jauh rasanya sulit untuk menggunakan jenis pembayaran COD.

 

Jenis Pembayaran Virtual Account

 

Selanjutnya jenis pembayaran yang kedua adalah menggunakan Virtual Account atau nomor VA.

 

Baca Juga : Apa Itu Virtual Account ? Inilah Definisi, Cara Kerja, Jenis, Manfaat dan Keuntungannya

 

Pada jenis pembayaran ini pihak pembeli akan menerima kode pembayaran yang harus segera diselesaikan supaya barang langsung dikirim.

 

1. Definisi Virtual Account 

 

Virtual Account adalah metode pembayaran dengan menggunakan Virtual Account yang telah diberikan oleh pihak Penjual kepada pihak Pembeli.

Pada transaksi ini setelah Nasabah memilih jenis pembayaran Virtual Account maka pihak Pembeli akan menerima sejumlah kode yang terdiri dari deret angka.

Deret angka yang diterima tersebutlah yang disebut dengan istinal nomor Virtual Account.

Pada nomor Virtual Account tersebut sudah ada ID atau kode tertentu yang dapat digunakan untuk Identifikasi pembayaran.

Sehingga pihak Penjual dapat dengan mudah mendeteksi apakah Nasabah sudah membayar tagihan atau belum.

Untuk proses sebenarnya Virtual Account ini sangat mirip dengan jenis pembayaran Transfer Bank.


2. Kelebihan Pembayaran Virtual Account

 

Kelebihan dari cara pembayaran dengan Virtual Account adalah pembayaran dari Nasabah akan sangat mudah dideteksi oleh sistem yang dimiliki pihak Penjual.

Sehingga proses identifikasi yang dilakukan pihak Penjual akan sangat cepat bahkan dalam hitungan menit.

Kelebihan selanjutnya adalah pada jenis pembayaran ini pihak pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi ulang atas pembayaran yang sudah dilakukan.

Karena seperti yang disebutkan diatas bahwa pada nomor Virtual Account sudah ada ID masing - masing Nasabah secara unik.

Pihak penjualan tidak mengharuskan pihak pembeli untuk memiliki rekening Bank karena proses pembayaran dengan Virtual Account ini bisa juga dilakukan melalui tempat pembayaran selain Bank.

Pembayaran dengan jenis Virtual Account ini juga bisa dilakukan kapan saja serta dimana saja sesuai dengan keinginan dari pembeli sehingga ini akan sangat memberikan kemudahan.

 

3. Kekurangan Pembayaran Virtual Account

 

Kekurangan dari jenis pembayaran Virtual Account adalah pihak pembeli harus benar - benar meastikan nomor Virtual Account sudah benar.

Karena kesalahan yang muncul dari nomor Virtual Account atau nomor VA ini akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembeli.

Selain itu deret angka dari nomor Virtual Account ini biasanya cukup banyak sehingga bisa saja menimbulkan kesalahan digit angka saat akan melakukan pembayaran.

Jika terjadi ada kesalahan nomor unik atau nomor Virtual Account maka proses pembetulan akan cukup panjang karena ini akan melibatkan pihak penjual serta penyedia jasa pembayaran.

Dalam kondisi tertentu kadang pembayaran dengan Virtual Account juga mengalami error sehingga pihak pembeli harus mencari gerai atau tempat pembayaran lain.

 

Jenis Pembayaran Transfer Bank

 

Selanjutnya jenis pembayaran yang ketiga adalah transfer Bank dan proses ini hampir sama dengan pembahasan yang kedua diatas.

 

Baca Juga : Pahami Jenis Serta Perbedaan Virtual Account dan Transfer Bank

 

Sebenarnya untuk cara atau jenis pembayaran yang ketiga ini tidak perlu terlalu panjang kita bahas karena rasanya cara pembayaran ini sudah sangat populer dan sering dilakukan. 


1. Definisi Transfer Bank

 

Transfer Bank pada proses pembayaran adalah mengirimkan sejumlah uang untuk pembayaran melalui nomor rekening yang diberikan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli.

Hampir sama dengan Virtual Account, pada Transfer Bank juga prosesnya akan menggunakan sederet nomor dan nomor tersebut disebut dengan nomor rekening.

Nomor rekening ini akan memberikan informasi kepada pembeli terkait nama perusahaan atau atas nama pada saat proses di ATM atau Teller Bank.

 

2. Kelebihan Pembayaran Transfer Bank 

 

Kelebihan dari jenis pembayaran transfer Bank adalah metode ini merupakan metode pembayaran yang paling umum serta paling banyak digunakan.

Pembayaran ini juga dapat dilakukan kapan saja serta dimana saja dengan pilihan beberapa media seperti ATM, e-Banking dan lain - lain.

Selain itu area pengiriman barang pada jenis pembayaran ini bisa dimana saja karena tentu proses transfer bisa dilakukan tanpa batasan jarak.

Dana yang dikirim akan langsung masuk ke rekening pihak Penjual secara langsung dan bagi pembeli bisa mendapatkan bukti transfer yang menjamin dana sudah masuk ke rekening penjual.

 

3. Kekurangan Pembayaran Transfer Bank

 

Kekurangan dari metode ini adalah pihak Pembeli harus memastikan nomor rekening sudah benar karena kesalahan pada nomor rekening akan mengakibatkan transfer salah kirim.

Jumlah pembayaran tidak tertera pada saat transfer karena yang muncul hanya nomor rekening yang sudah diketik serta nama Perusahaan atau nama Penjual saja.

Akibatnya pihak Pembeli harus memastikan bahwa jumlah yang dikirim sudah sesuai dengan pembelian yang dilakukan.

Setelah melakukan Transfer Bank pihak pembeli kadang harus melakukan konfirmasi kepada Penjual bahwa transaksi sudah selesai dibayarkan.

Karena pihak Penjual tidak secara langsung bisa mendeteksi transfer dana yang dikirimkan oleh Nasabahnya.

Metode pembayaran ini biasanya Pembeli harus transfer terlebih dahulu sehingga muncul potensi kerugian yang diderita oleh pembeli jika barang yang dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi.

Kadang jika transfer yang dilakukan posisinya berbeda Bank maka akan dikenakan biaya tambahan dengan jumlah yang telah ditetapkan pihak Bank.

 

Penutup

 

Pada dasarnya masing - masing jenis pembayaran memiliki kekurangan serta kelebihannya.

Sehingga ini hanya memberikan opsi saja kepada Pembeli kira - kira cara mana yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran.

Jika jarak Pembeli serta Penjual memungkinan maka lakukan pembayaran COD sehingga barang yang dikirim bisa diperiksa terlebih dahulu.

Jika memang tidak bisa menggunakan jenis COD pastikan kita sudah membeli barang dari tempat yang terpercaya.

Selain itu pastikan memeriksa nomor virtual atau nomor rekening Bank sebelum melakukan pembayaran.

Jika pembayaran dilakukan dengan benar dan tokok penjual juga terpercaya rasanya kecil kemungkinan bagi Pembeli akan merasa dirugikan dengan sebab dan alasan tertentu.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara bayar COD, Virtual Account serta Transfer Bank dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

 Ikuti Informasi Terbaru Kami di Google News